Jumat, 06 Januari 2012

Observation SGG In Bhakti Alam, Pasuruan


    Pagi yang cerah di Surabaya merupakan langkah awal yang bagus bagi SGG (Smada Green Generation) yang sejatinya hari ini (4 januari 2012) akan melakukan observasi sekaligus gardening dengan mandiri ke Agrowisata Bhakti Alam , Pasuruan , Jawa Timur. Enam anak perwakilan dari SGG bersama Mam Endang selaku pembina SGG telah siap pada waktu itu.Kami berkumpul di sekolah,SMAN 2 Surabaya, pada pukul 10.00 kami bersiap untuk memulai perjalanan . Dengan menggunakan mobil sekolah yang dikemudikan oleh Bapak Nur , kami bergegas menuju Agrowisata Bhakti Alam.

    Bakti agrowisata alam, terletak di Nongkojajar, Pasuruan, Jawa Timur. Tepatnya di Desa Ngembal, Kecamatan Tutur pada ketinggian 450-550 elevasi. Ini terbuka pada tahun 1998, dan bersama dengan perkembangannya, Bhakti Alam sudah melengkapi koleksi tanaman eksotis mereka.

    Kita bisa mendapatkan banyak hal dengan mengunjungi Bhakti Alam, bukannya kita dapat menikmati keragaman tanaman tropis yang kita juga dapat mengambil buah saat kami bertemu pada musimnya, kita juga bisa santai tegang kita selama hari-hari minggu dan rutinitas sehari-hari.

     Ada beberapa tempat menarik yang kita dapat menjelajahi di Bhakti Alam, seperti
- Taman tanaman tropis, seperti Durian, LengkengMelon dan banyak lagi
- Susu sapi
- Pemrosesan Susu Sapi
- Green House
- Pelatihan pembibitan / propagasi tanaman
- Camping dan outbound

- Penginapan

     Bhakti Alam adalah sekitar 55 Km jauh dari Surabaya, 30 Km dari Malang dan mudah akses. Bagi mereka yang dalam perjalanan dari Malang dan Surabaya t untuk mengunjungi Gunung Bromo, dianjurkan untuk "mampir" di Bhakti Alam sebelum melanjutkan perjalanan ke Gunung Bromo.

     Setelah sampai di Bhakti Alam yang memerlukan waktu sekitar 2 jam dari Surabaya , kami langsung membeli tiket di loket . Harga tiket masuknya terjangkau bagi masyarakat . Tiket masuk tersebut sudah termasuk gratis berkeliling menggunakan bus yang telah tersedia dan mendapat 1 buah susu sapi gratis hasil olahan Agrowisata Bhakti Alam . 



     Selanjutnya kami berkeliling Agrowisata Bhakti Alam menggunakan bus yang telah tersedia . Di dalam bus telah berada satu guide yang menerangkan tentang berbagai macam tanaman yang ditanam  di Agrowisata Bhakti Alam ini.  Hampir seluruh tanaman tropis berada di Agrowisata ini. Mata pengunjung sepertinya di manjakan oleh Agrowisata ini . Karena disini menyajikan pemandangan perkebunan yang spektakuler yang hampir tidak pernah ditemukan di kota-kota besar.Penataan lokasi penanaman antar tanaman perkebunan yang tertata begitu apik . Terlebih lagi saat kami berkunjung disana telah banyak sekali buah Durian yang siap untuk di panen . Mata kami sepertinya dibuat terbelalak dengan rentetan Buah Durian yang siap di panen . Bau dari Durian yang siap panen membuat kami ingin segera memetiknya.



     Setelah kami dibawa berputar-putar di area perkebunan yang sangat luas,kami diberhentikan di Green House tempat penanaman dan pemanenan Melon. Melon yang kami kunjungi berjenis Golden Melon.Kami dibawa masuk ke area green house melon tersebut . Setelah beberapa saat kami beserta pengunjung lain mengobservasi penanaman Melon,kami di berikan kesempatan untuk mencicipi buah Golden Melon tersebut . Salah seorang anak SGG yang bernama Brian , langsung dengan lahapnya menyantap cicipan buah Melon tersebut. Namun dia memakan buah melon itu bersama dengan kulitnya . Ketidaktahuannya itu membuat kami semua tertawa dan menakuti-nakuti dia,bahwa pernah ada orang meninggal karena memakan kulit buah Melon . Ketakutan Brian semakin menjadi-jadi namun membuat kami tertawa kembali .
    
     Selanjutnya kami dibawa kembali untuk berputar - putar di are perkebunan kembali,yang tentunya disuguhkan dengan pemandangan indah dan menggiurkan . Tak terasa waktu berlalu begitu cepat untuk kami yang sedang disuguhi pemandangan alam perkebunan yang luar biasa . Namun di pemberhentian , kembali kami disuguhkan oleh jus jeruk hasil olahan dari Agrowisata ini . Aroma alami dan rasa yang segar dari jus jeruk alami ini membuat kami ingin menambah kembali.




   Setelah itu kami semua pergi untuk mengambil susu gratis olahan Agrowisiata Bhakti Alam ini . Di sepanjang perjalanan yang dekat dari pemberhentian kami dimanjakan kembali dengan bunga-bunga yang sedang bermekaran di sore hari tersebut . Pemandangan tersebut tidak di sia-siakan oleh kami semua tak terkecuali pembina SGG , Mam Endang untuk mengabadikan foto bersama . Setelah menukarkan susu gratis itu , kami mengakhiri perjalanan kami di Bhakti Alam.
      



      Namun sebelum kembali ke Surabaya , kami semua menyempatkan waktu untuk Berwisata Kuliner terlebih dahulu . Kami mencicipi buah Durian yang telah dijual di sekitar wisata Bhakti Alam tersebut . Rasa buah Durian yang lezat dan tidak terasa kami telah menghabiskan 2 buah Durian lezat dan khas tersebut . Setelah itu tanpa disangka-sangka kami melanjutkan wisata kuliner ke Tretes oleh Mam Endang. Hal tersebut mengagetkan sekaligus lucu.Awalnya kami(6 anak perwakilan SGG) telah melihat papan nama bahwa arah laju mobil ini menuju ke Surabaya,namun setelah kami tertidur ,kami telah berada di Tretes . Namun tujuan kami disini yang utama adalah untuk mengenal lebih dekat tentang pos perijinan dan pemantauan pendakian . Kami dibawa Mam Endang kesini agar kami mengerti dan lebih dekat dengan Pos Perijinan dan pemantauan pendakian yang tujuannya nanti pada saat kami melakukan pedakian kami mengerti tempat lokasi perijinan dan pemantauan .Setelah itu semua kami bergegas kembali menuju Surabaya . 




















--------------Sekian dari kami SGG (Smada Green Generation)---------

Tidak ada komentar:

Posting Komentar